Membangun Kesadaran Masyarakat di Desa melalui Musyawarah

Selasa, 10 Desember 2019 bertempat di Balai Desa Panggungrejo telah diselenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa yang dihadiri kader kesehatan desa, petugas kesehatan desa dan kecamatan, tokoh masyarakat serta beberapa mitra desa seperti Babinsa, babinkantipmas, pendamping lokal desa.

Kegiatan dalam bentuk musyawarah ini telah memberikan gambaran bagaimana peran masyarakat sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan desa. Dalam sambutannya Yayuk Pristana, selaku Kepala Desa Panggungrejo mengharapkan sinergi kolaborasi antara desa dan mitranya, berjalan dengan baik dan saling mendukung untuk membantu pembangunan desa. Beliau juga berharap melalui MMD usulan, masukan dari warga dikomunikasikan pada petugas kesehatan di desa serta bisa dikomunikasikan ke pemerintah desa, sehingga tidak hanya ceremonial saja namun jelas ada tindaklanjutnya.

Kegiatan dalam bentuk musyawarah di Desa Panggungrejo ini telah memberikan gambaran bagaimana peran masyarakat sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan desa dan pemberdayaan mulai berkembang dengan baik seiring makin tingginya kesadaran masyarakat terhadap pembangunan di desanya.

Dalam musyawarah yang berkualitas, tentunya akan muncul banyak usulan, muncul banyak suara yang membahas masalah yang sedang dimusyawarahkan. Dalam musyawarah Masyarakat Desa di Desa Panggungrejo yang awal berbicara tentang kesehatan, dengan munculnya banyak usulan, dan didiskusikan, hingga berkembang tentang bagaimana memajukan desa, sehingga menstimulasi partisipasi, peran serta aktif peserta untuk mengutarakan banyak hal tentang desa, baik tentang sampah, pembiasaan hidup sehat, capaian pembangunan, yang semua berujung pada pentingnya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam ikut serta membangun desanya.

Seperti contoh pembuatan perdes larangan sampah, tidak akan ada impact-nya jika tidak diikuti kesadaran masyarakat tuk memahami bahwa sampah adalah masalah bersama, masalah nasional, bukan masalah desa, jadi ketika ada orang yang ingin membuang sampah sembarangan, ia akan membatalkan niatnya karena ia sadar bahwa sampah itu masalah kita.

Jadi dengan adanya kesadaran masyarakat desa untuk memahami bahwa pembangunan desa bukan tanggungjawab pemdes saja, tapi merupakan tanggungjawab bersama masyarakat desa beserta stakeholdernya, dan perlu sinergi yang berkelanjutan untuk membangun desa.

Dan tingginya tingkat kesadaran masyarakat terhadap permasalahan di desa inilah yang mendorong tingginya tingkat pemberdayaan di desa itu sendiri, sehingga solusi yang terbaik bagi membangun desa menjadi nyata dan hasil nyatapun mampu tercapai maksimal sesuai harapan. (li2x_PLD_Kauman)