PENATAAN DAN PEMERINTAHAN DESA

Sigap Tindak Lanjuti Surat Edaran DPMD, Pemdes Banaran Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Tindakan pencegahan penularan Coronavirus (COVID-19) diwilyah Pemerintah Desa (Pemdes) Banaran Kecamatan Kauman, Kepala Desa Banaran Andri Suprambodo bersama perangkat desanya melaksanakan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi kepada warga masyarakat (21/03/2020). Dalam kegiatan ini terlibat juga Babinkamtibmas (Aiptu Suryono), Babinsa (Serda Edi Suryono), Bidan Desa (Rahmawati), serta 2 (dua) tenaga medis dai Puskesmas Kauman.

Gerakan penyemprotan disinfektan ini dipimpin langsung oleh Kades Banaran, bahkan orang nomer satu di jajaran Pemdes Banaran tersebut turun langsung berkeliling dusun-dusun untuk mengawal penyemprotan sekaligus mensosialisasikan langkah-langkah penanggulangan covid-19 kepada seluruh warganya.

Disela-sela penyemprotan, Kades Andri mengatakan, bahwa penyemprotan akan dimulai dari Kantor Desa Banaran, keliling menuju Dusun Krajan, dilanjutkan menuju Dusun Kanigoro. Sedangkan tempat-tempat yang disemprot disinfektan adalah fasilitas publik seperti kantor desa, masjid, sekolahan, taman kanak-kanak, taman desa, serta beberapa tempat keramaian lainnya.

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Desa Banaran

“Penyemprotan akan kita lakukan di berbagai fasilitas publik dan tempat keramaian yang berada di wilayah Desa Banaran. Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu bagian dari pencegahan terhadap merebaknya virus corona”, kata Kades Banaran.

Dia juga menjelaskan bahwa agenda penyemprotan disinfektan ini juga disertai dengan sosialisasi keliling kampung, atau sering disebut ledang atau kampanye. Dengan cara seperti ini diharapkan setiap individu masyarakat memiliki pemahaman terkait kebijakan pemerintah dalam menghadapi musibah atau bencana virus corona ini. Sehingga pencegahan dapat dilakukan secara serentak dan bersama-sama dengan cara mematuhi himbauan dan arahan dari pemerintah.

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Desa Banaran

“Dalam kegiatan ini, selain dilakukan penyemprotan disinfektan, Pemdes juga memberikan sosialisasi serta membagikan cairan hand sanitizier kepada warga masyarakat. Dengan hadirnya Pemdes langsung ke masyarakat ini diharapkan masyarakat juga ikut serta melakukan pencegahan, misal membudayakan hidup bersih dan sehat. Serta mematuhi aturan pemerintah dalam menghadapi merebaknya virus corona”, tutur Andri Suprambodo.

Senada dengan Kadesnya, Sekdes Desa Banaran Agus Piantoro meyatakan bahwa kegiatan ini sudah sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tulungagung, yang memerintahkan penggunanan Dana Desa (DD) sebagai program pencegahan merebaknya virus corona. “Kegiatan ini sudah sesuai dengan anjuran Pemerintah Daerah Tulungagung melalui dinas terkait. Bahkan diberbagai media sosial Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Kementerian Desa, Taufik Madjid juga meminta penggunaan dana desa untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona di desa. Jadi kami menindaklanjuti kebijakan-kebijakan tersebut”, ucapnya menegaskan. (ma’ruf)

Related posts

Penyuluhan Perlindungan Anak di Desa Suwaru

wahyu yuniarko

Dana Desa untuk Tulungagung Naik Rp27,7 Miliar

dpmd ta

Musyawarah Masyarakat Desa Bagian Upaya Pemberdayaan Masyarakat Bagi Peningkatan Kualitas Hidup

wahyu yuniarko

Leave a Comment