PENATAAN DAN PEMERINTAHAN DESA

Bagi Takjil dan Masker, Karang Taruna Bolorejo “Bersama Lawan Corona”

Ditengah suasana pademi covid-19, tidak menyurutkan aktifitas para pemuda dan pemudi desa yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Boorejo. Tepatnya minggu sore (3/4/2020) mereka melakukan pembagian masker dan takjil untuk buka puasa pada warga masyarakat. Acara yang dikomandoi oleh Haris Yuli Saputra (Ketua Karang Taruna) dimulai pada pukul 15.30, dengan start balai desa Bolorejo.

Haris menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk keprihatinan sekaligus sebuah kegiatan sosial di bulan suci Ramadhan 1441 H. “Kami Karang Taruna Desa Bolorejo merasa perlu berbagi meski dalam kegiatan yang sederhana. Sekaligus juga prihatin terhadap mewabahnya virus corona. Karena itu dalam kegiatan ini selain membagikan takjil untuk berbuka puasa, dibagikan juga masker kepada warga masyarakat”, ucapnya disela sela kegiatan.

Ketua Karang Taruna (bertopi coboy) saat membagikan masker dan takjil

Ketua Karang Taruna yang suka memakai topi coboy ini juga menjelaskan, bahwa dalam kegiatan ini dibagikan sebanyak 1200 masker serta 600 takjil untuk warga Bolorejo. Sekitar 30 an anggota Karang Taruna disebar untuk membagi di 4 (empat) dusun yang ada di Bolorejo. Sesuai jadwal, seusai acara pembagian ini akan dilanjutkan dengan buka bersama di balai desa dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ada.

“Secara pribadi saya mengapreseasi kekompakan dan semangat dari teman-teman Karang Taruna dalam kegiatan ini. Meski dalam suasana puasa mereka tidak mengeluh, bahkan nampak senang dengan kegiatan ini. Semoga kegiatan semacam ini tetap bisa kami lakukan dilain waktu, tentunya dengan dukungan penuh dari Bu Kepala Desa dan Pemerintahan Desa”, ucapnya sembari menunjukkan kaos seragam bertulis “Bersama Lawan Corona”.

Angggota Karang Taruna saat pembagian masker dan takjil

Haris menjelaskan, dalam pembagian takjil dan masker ini anggota Karang Taruna memakai seragam kaos hitam bertuliskan “Bersama Lawan Corona”. Menurutnya slogan dikaos ini diharapkan menjadi pemahaman bersama diseluruh lapisan masyarakat bahwa corona harus dihadapi secara gotong royong. Yang salah satu wujudnya adalah saling membantu antar warga, serta taat dan patuh terhdap protokol yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Sementara itu, Hj. I Agustina Indrayani (Kepala Desa Bolorejo), menyatakan bahwa Pemerintah Desa akan memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna desa. Terlebih kegiatan tersebut positif dan membantu masyarakat secara umum. Dirinya juga berharap, kelompok pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna selalu berkoordinasi dengan Pemdes untuk saling mendukung dalam setiap kegiatan-kegiatan desa, terlebih dalam situasi pandemi covid-19.

Karang Taruna berkeliling desa membagikan masker dan takjil untuk warga

“Sebagai Kepala Desa, saya sangat mensuport kegiatan ini, selain bermanfaat untuk warga masyarakat, kegiatan ini juga bermanfaat untuk para pemuda dalam memupuk kepedulian sosial. Selagi muda mereka juga harus belajar untuk peduli terhdap permasalahan disekitarnya. Sehingga kelak jika mereka berada pada posisi-posisi yang strategis mentalitas mereka sudah teruji dalam hal kepekaan sosial”, ucap Bu Kades.

Senada dengan Kades, Pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Bolorejo, Atik Hakim Latifi mengapreseasi kegiatan-kegiatan masayarakat ksusunya pemuda dalam ikut memajukan desanya. Menurutnya kreatifitas masyarakat dan pemuda merupakan daya dorong terhadap percepatan kemandirian desa dalam menghadapi setiap perubahan, termasuk menghadapi musibah sosial semacam virus corona ini. “Gotong-Royong adalah modal sosial warga masyarakat desa dalam menghadapi pandemi cocid-19, kegiatan Karang Taruna kali ini merupakan salah satu wujud gotong royong tersebut. Karena itu Pemdes dan seluruh kelembagaan yang ada di desa harus saling bantu dan menguatkan dalam melaksanakan kegiatan melawan virus corona”, tuturnya saat usai acara. (ma’ruf)

Related posts

Inovasi Bidang Kesehatan Desa Panggungrejo

dpmd ta

Dinas PMD Selenggarakan Bimtek Kades Se Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

dpmd ta

Jambore BPD se Kabupaten Tulungagung digelar di Wajak Kidul

dpmd ta

Leave a Comment